Saturday, October 02, 2004

Siapakah Aku?

Pada jaman dahulu kala, tepatnya ketika saya masih SD hingga usia ABG, saya seringkali membuat puisi atau catatan pribadi di buku teman-teman saya, menggunakan nama samaran JHONY S. RIYADHI.

Ketika SMU (d/h SMA), sekolah saya membuat peraturan: setiap siswa wajib menempelkan nama mereka di seragam sekolah. Nama saya adalah JON RIAH UKUR. Kala itu, saya paling malas menulis nama saya secara lengkap. Maka, di stiker nama, saya menulis nama saya dengan singkatan: JON R. U.

Sejak saat itu, saya dikenal sebagai JONRU.

Setelah kuliah, saya mulai merintis jadi penulis fiksi. Karena hampir semua penulis menggunakan nama samaran atawa nama pena, maka saya menggunakan nama samaran yang dulu saya pakai, yakni JHONY S. RIYADHI. Tapi saya mengganggap nama itu terlalu berbau ABG, dan saya kurang sreg dengan penulisan nama seperti itu. Maka nama itu saya ubah menjadi JON RIYADI.

Untuk selanjutnya, karya-karya saya muncul di beberapa media cetak dengan nama JON RIYADI.

Tahun 1996 hingga awal 2004, saya vakum menulis fiksi. Dalam kurun waktu tersebut, orang-orang lebih mengenal saya sebagai JONRU. Mungkin mereka sudah melupakan JON RIYADI.

Kini, saya mulai merintis lagi karir saya di bidang penulisan fiksi. Saya merasa bahwa saya harus menghidupkan lagi JON RIYADI yang pernah "mati". Saya ingin konsisten, tetap menggunakan nama JON RIYADI pada karya-karya fiksi saya. Nama asli atau nama JONRU hanya akan saya pakai jika saya menulis karya-karya nonfiksi.

Maka teman-teman...
perkenalkanlah saya, JON RIYADI

Mulai hari ini, saya akan lebih sering menggunakan nama JON RIYADI pada milis komunitas penulisan yang saya ikuti. Salah satu tujuannya, agar teman-teman mulai akrab dan kenal dengan JON RIYADI.

Tindakan ini juga menjadi salah satu bukti dan pemicu semangat saya, bahwa mulai sekarang saya - Insya Allah - akan tetap konsisten menjadi penulis fiksi, tidak vakum lagi seperti yang pernah saya alami selama DELAPAN TAHUN!!!

Tapi teman-teman tetap boleh memanggil saya JONRU kok. Enggak bakal ditangkap polisi.

Wassalam
Jonru eh Jon Riyadi :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home